Mendekati Puncak Musim Penghujan Januari Mendatang


Foto: Dokumentasi Manggala Agni DAOPS Tanah Bumbu (kegiatan apel malam)

Minggu, 24 November 2019, Mendekati puncak musim hujan dikutip dari laman BMKG yang diperkirakan terjadi pada bulan Januari 2020 sebanyak 128 Zona Musim (ZOM), dan bulan Februari 2020 sebanyak 115 ZOM mendatang, regu yang bertugas di markas Manggala Agni DAOPS Tanah Bumbu bisa bernapas lega, hujan yang juga sempat turun beberapa kali di kabupaten Tanah Bumbu dalam seminggu terakhir membuat kawasan rawan terbakar sedikit basah yang artinya persentase kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan sedikit menurun.
Meskipun begitu kebakaran lagi lagi terjadi, kali ini bukan kebakaran lahan yang terjadi. Sijago merah kali ini melahap permukiman milik warga di kabupaten Kotabaru tepatnya di desa Sungai Bali kecamatan Pulau sebuku kabupaten Kotabaru pada sabtu 23 November dinihari kemarin, Sekitar 400 rumah milik 600 kepala keluarga ludes terbakar.

Foto: Rekaman Amatir Kebakaran Permukiman desa Sungai Bali Pulau Laut Sebuku, Kotabaru
Hingga diperoleh informasi yang pasti sekitar pukul 23.00 WITA api masih berkobar dan meluluh lantahkan permukiman warga. Api berhasil dipadamkan pada pukul 03.48 WITA.
Minimnya transportasi menuju lokasi dan keadaan laut yang sedang surut membuat pemadaman sulit dilakukan melihat lokasi kejadian yang berseberangan pulau dengan Ibu kota kabupaten, kabupaten Kotabaru.
Para anggota Manggala Agni yang bertugas di DAOPS Tanah Bumbu dan pondok kerja Kotabaru masih bersiaga, tidak cukup dengan Kotabaru, kebakaran lahan juga terjadi di hari yang sama di wilayah pondok kerja kabupaten Hulu Sungai Selatan, Tim yang dipimpin oleh komandan Dwi Andoko melakukan pemadaman kebakaran lahan di wilayah pondok kerja.

Foto: Dokumentasi Manggala Agni DAOPS Tanah Bumbu (kegiatan pemadaman regu 2)
Kebakaran lahan terjadi di desa Muning Tengah, kecamatan Daha Selatan, kabupaten Hulu Sungai selatan dihari terakhir tugas piket Regu 2 sebelum pergantian tugas piket kepada Regu 1.

Comments